Ads Top

TEMPAT WISATA

TEMPAT WISATA
  1. BHUJU’ MANCENGAN
Bhuju’ Mancengan merupakan salah satu bhuju’ yang paling kramat di Desa Langpanggang dan Bhuju’ Mancengan berletakkan di Dusun mancengan, bhuju’ Mancengan juga dijadikan tempat wisata religi yang sering didatangin oleh warga sekitar Desa Langpanggang ataupun Desa luar Langpanggang. Bhuju’ Mancengan adalah Bhuju’ dari para sesepuh Desa Langpanggang, yang salah satunya adalah Bhuju’ dari Abdul Basyir. Dimana Abdul Basyir tersebut adalah salah satu pejuang islam di Desa Langpanggang yang berasal dari Desa Serabi Barat, Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan. Dan wafat sekitar ± 300 tahun yang lalu.

  1. BHUJU’ SAPOK ANGEN
Bhuju’ Sapok Angen berada di Dusun Duko Desa Langpanggang Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan. Bhuju’ Sapok Angen juga merupakan salah satu tempat wisata religi yang sering didatangin oleh warga setempat bahkan dari luar Desa Langpanggang.
Ada keunikan tersendiri pada Bhuju’ tersebut yaitu dari tidak adanya congkok (atau atap seperti halnya rumah-rumahan), karena setiap kali didirikan congkok tersebut akan roboh sendiri oleh angin. Selain itu, posisinya yang berpindah-pindah di lain waktu. Sehingga terkadang masyarakat sekitar bertanya-tanya kenapa posisi bhuju’ tersebut berpindah arah ?. Hal inilah yang membuat warga sekitar mempercayai kalau bhuju’ tersebut keramat dan memiliki keunikan tersendiri, dan banyak warga di luar desa Langpanggang penasaran dengan bhuju’ sapok angen, karena dari nama bhuju’ tersebut semua orang bertanya-tanya apa maksud nama bhuju’ tersebut. Sapok angen berartikan berselimut angin, dari nama bhuju’ sapok angen berartikan bahwa bhuju’ tersebut tidak ingin congkok atau rumah-rumahan, bhuju’ tersebut berselimut angin sama seperti makam-makam orang biasa pada umumnya.

C. SUMBER DUSUN LANGKAP
Desa Langpanggang mempunyai potensi wisata tirta yaitu sumber air Langkap yang letaknya berada di Dusun Langkap. Sumber air didusun Langkap memiliki keunikan tersendiri yang diantarannya memiliki bunyi air yang khas saat ditepuk seperti menepuk gendang, air tersebut selalu meluap sehingga tidak khawatir akan kehabisa air dan memiliki dua tempat, sumber air untuk laki-laki dan untuk perempuan, sumber air tersebut merupakan sumber air yang paling luas. Sumber air ini adalah sumber air alami yang sudah ada sejak lama dan tidak akan pernah habis. Sumber air tersebut dinamakan sumber air Langkap, karena letraknya bverada di dusun Langkap.


Sumber air tersebut dipisah oleh tembok antara poemandian untuk laki-laki dan perempuan, sumber air tersebut jernih namun mengandung bau blerang, tapi warga sekitar suber air menjadikan sumber air tersebut sebagai kebutuhan sehari-hari mereka, contohnya untuk mandi, cuci baju, cuci piring, dan lain sebagainya, sumber air ini bisa dipakai oleh siapa saja. Selain itu ada hal yang unik dari sumber air tersebut, karena setiap taunnya di adakan ritual ”rokad somber” yang merupakan ritual atas rasa syukur kepada Allah S.W.T karena telah melimpahkan air bagi Desa Langpanggang melalui sumber air tersebut, sehingga warganya melakukan ritual di sekitar sumber air tersebut.


  1. HUTAN MANGROVE
Hutan mangrove yang berda di sebelah selatan Desa Langpanggang memiliki area yang cukup luas selain itu bisa menjadi sektor pariwisata yang apabila mampu di olah dengan baik. Dibawah hutan mangrove terdapat laut lepas yang juga mampu menawarkan pesona keindahan. Andai saja hutan mangrove tersebut di manfaatkan
dan diberi jalan untuk pengunjung menikmati keindahan mangrove maka hal tersebut sangat menarik. Jalan tersebut bisa saja berupa jembatan atau jalan lepas alami yang bisa di lewati oleh pengunjung seperti wisata mangrove yang lain. Selain itu, juga terdapat sekumpulan monyet yang menempati hutan mangrove. Sehingga suasana disana sangat menyenangkan dan dapat menjadi daya tarik pengunjung nantinya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.