Ads Top

PROFIL DESA

PROFIL DESA


  1. SEJARAH DESA LANGPANGGANG


Pada zaman dahulu di daerah tersebut tempatnya di dusun Langkap terdapat pohon yang bernama langpanggang yang besar, dan dari situlah masyarakat setempat menamakan desa tersebut dengan Desa Langpanggang. Desa Langpanggang konon terdiri sejak tahun 1928 dan sudah mengalami 6 kali pergantian Kepala Desa, jelasnya sebagai berikut :
  1. 1928 – 1931 : Sabir
  2. 1931 – 1935 : Sarijo
  3. 1935 – 1941 : Satto
  4. 1941 – 1963 : Musaffa
  5. 1963 – 2001 : H. Abu Salam
  6. 2003 sampai sekarang : H. Fathorrosi
Dilihat dari segi sejarahnya mungkin sangatlah singkat, namun ada keistimewahan dari Desa Langpanggang itu sendiri melainkan banyaknya bhuju’-bhuju’ atau tempat pemakaman para wali Allah yang berada di Desa Langpanggang yang dapat kita kunjungi sebagai tempat wisata religi yang diantaranya : Bhuju’ Mancengan (Abd. Bashir), Bhuju’ Duko, Bhuju’ Sara, Bhuju’ Kolla, Bhuju’ Lubang Landak, Bhuju’ Sapok Angin, dan lain sebagainya.
  1. APARATUR DESA
Terdapat beberapa harapan yang ingin diwujudkan oleh masyarakat Desa Langpanggang melalui pemimpin yang telah dipilih. Oleh karena itu masyarakat sekitar sangat mendambakan sosok pemimpin khususnya kepala desa dan aparaturnya yang dapat menjadikan Desa Langpanggang ini menjadi desa yang lebih baik dan maju lagi dari sebelumnya.
Bapak H. Fathorrosi dilahirkan di Bangkalan pada tanggal 20 Mei 1966 yang merupakan Kepala Desa di Desa Langpanggang, beliau menjabat sebagai kepala desa mulai tahun 2003 hingga saat ini. Beliau merupakan sosok pemimpin yang sangat dipercaya oleh masyarakatnya. Terbukti dengan terpilihnya menjadi kepala desa selama ± 13 tahun. Dalam waktu sepanjang itu, tidak mudah bagi seorang pemimpin ketika menjalankan tugas-tuganya, pasti banyak kejadian mengejutkan yang tiba-tiba terjadi, entah itu berupa kesedihan atau kebahagian. Namun, hal itu tidak mematahkan semangat seorang pemimpin yang berasal dari Dusun Mancengan Desa Langpanggang ini. beliau masih tetap berjuang demi kesehjateraan rakyatnya.
  1. S
    TRUKTUR KELEMBAGAAN DESA


  1. GEOGRAFIS DESA
  1. PETA DESA




  1. LETAK DAN LUAS WILAYAH
Desa Langpanggang merupakan salah satu desa dari 17 Desa di wilayah Kecamatan Modung, yang terletak ± 6 Km dari Kecamatan Modung. Desa langpanggang mempunyai luas wilayah seluas ± 295, 98 hektar. Dengan jumlah penduduk 2.576 yang terdiri dari 5 dusun-dusun tersebut adalah : Dusun Mancengan, Dusun Langkap Dusun Krojeh, Dusun Asem Manis, dan Dusun Duko.
Kelima dusun tersebut jaraknya sangat dekat sehingga membuat masyarakat tersebut sangat kompak dan akrab dalam menjalankan roda kehidupan bermasyarakat serta memudahkan pemerintahan desa dalam menyampaikan informasi dan mengkordinir masyarakat tersebut. Berikut batas-batas wilayah Desa Langpanggang adalah :
  1. Sebelah Utara : Ds. Patenteng
  2. Sebelah Selatan : Selat Madura
  3. Sebelah Barat : Ds. Suwa’an
  4. Sebelah Timur : Ds. Patenteng


  1. IKLIM
Iklim di Desa Langpanggang, sebagaimana desa-desa lain di wilayah Indonesia mempunyai iklim kemarau dan hujan, hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada di Desa Langpanggang Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan.


  1. KEPENDUDUKAN
Sesuai dengan data yang di peroleh dari Sekretaris Desa, Desa Langpanggang memiliki jumlah penduduk 2.576 jiwa yang terbesar di lima dusun. Dimana jumlah laki-laki terdapat 1.317 dan perempuan 1.259 serta dengan jumlah kepala keluarga 629 kk. Dengan jumlah yang tidak sedikit tersebut, Desa Langpanggang cukup mempengaruhi kesejahteraan sosial. Penduduk Desa Langpanggang tersebar dalam lima dusun yaitu dusun Mancengan, dusun Langkap, dusun Krojeh, dusun Asem Manis, dan dusun Duko.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.