Ads Top

POTENSI DESA

POTENSI DESA
  1. PERTANIAN
Pertanian merupakan salah satu mata pencarian masyarakat Desa Langpanggang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Desa Langpanggang mempunyai potensi Irigasi Air yang baik, sehingga masyarakat Desa Langpanggang tidak mempunyai kehawatiran mengenai persediaan air buat aspek pertanian masyarakat Desa Langpanggang


  1. TERNAK
Ternak merupakan salah satu potensi untuk menambah kestabilan faktor ekonomi bagi masyarakat Desa Langpanggang. Sebagian besar masyarakat Desa Langpanggang berternak hewan yang diantaranya : ayam, sapi, kambing, bebek dan lain sebagainya. Oleh karena itu, biasanya di Desa Langpanggang terjadi jual-beli antar tetangga, hingga luar Desa Langpanggang.
  1. KEAGAMAAN

Masyarakat Desa Langpanggang memiliki jumlah kependudukan ± 2. 576 jiwan. Dan Alhamdulillah semuanya beragam Islam bahkan kualitas atau tingkat pengalaman masyarakat terhadap ajaran agamanya sudah sangat baik. Hal ini dapat di lihat dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Sarana pribadi berupa Mushollah atau Langgar hampir dimiliki sebagian besar keluarga.
Selain itu, terdapat 6 tempat Bhuju’ (Tempat makam wali-wali Allah) yang diantaranya : Bhuju’ Mancengan (Abd. Bashir), Bhuju’ Duko, Bhuju’ Sara, Bhuju’ Kolla, Bhuju’ Lubang Landak, dan Bhuju’ Sapok Angin. Di wilayah Desa Langpanggang juga terdapat 3 masjid, 5 kelompok muslimatan dan 7 Madrasah Diniyah yang menjadi sumber pengetahuan agama yang dimiliki Desa Langpanggang. Ditambah pula dengan kegiatan rutinitas yang dikemas dalam acara Dzikir dan Tahlilan bersama, Muslimatan, Manaqiban, dan kajian Kitab Kuning yang dilaksanakan satu minggu sekali menjadi ciri khas dari kegiatan Spiritual masyarakat Desa Langpanggang. Dan sebagaian besar penduduk Desa Langpanggang adalah alumni pondok pesantren, sehingga menambah kentalnya suasana kehidupan agama Masyarakat Desa Langpanggang.


  1. PENDIDIKAN

Pendidikan merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk menciptakan generasi seterusnya dan meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik dalam dunia pendidikan. Masyarakat Desa Langpanggang sangat peduli terhadap pendidikan anak-anaknya terutama pendidikan agama dan moral. Karena menurut para orang tua di Desa Langpanggang ini menyadari bukan hanya kecerdasan otak saja melainkan spiritual. Untuk itu meski mereka berada di luar Desa Langpanggang, ketika anak-anak mereka sudah menginjak usia sekolah mereka membawanya pulang ke Desa Langpanggang untuk belajar dan melanjutkan kependidikan pesantren, sehingga terciptanya keseimbangan antara pola pikir dan dzikir, IPTEK, dan IMTAQ.


  1. KESAHATAN
Di bidang kesehatan Desa Langpanggang memiliki satu PUSKESDES yang menjadi pusat kesehatan desa. Meskipun hanya satu tapi keberadaannya sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Langpanggang. Dan kesadaran masyarakat Desa Langpanggang akan kebersihan pun dikatakan sudah baik, hal ini terlihat dari penataan rumah yang teratur, tempat sampah di masing-masing rumah dan kampung sudah tersedia. Namun, ada sebagian warga yang tidak mempunyai WC untuk BAB, dan mereka memilih untuk BAB di sungai, tapi hal itu tidak membuat pihak kesehatan untuk tinggal diam dalam menangani kesehatan masyarakat di Desa Langpanggang.


  1. SOSIAL BUDAYA